Friday, 25 May 2018

Bengawan Solo Meluap Sejumlah Desa di Gresik Tergenang Air

post-top-smn
Ilustrasi - Banjir

Ilustrasi – Banjir

Gresik, SMN – Tingginya intensitas hujan yang turun beberapa hari ini mengakibatkan meluapnya sungai Bengawan Solo. Hal ini membuat sejumlah desa di Kabupaten Gresik tergenang air setingga 40 cm, salah satunya di jalan raya Bungah Gresik sehingga membuat arus lalu lintas macet.

Dari pantauan terlihat banyak kendaraan roda dua mogok karena nekat melintas di Jalan Raya Bungah Gresik. Sebaliknya, untuk kendaran truk besar tidak mengalami masalah. Namun, dampaknya saat akan melintas dua arus lalu lintas di jalan tersebut macet.

“Sejak tadi malam banjir terus menggenangi jalan di Bunga ini, maka terjadi macet, karena banyak yang mogok akibat mesin terkena air, “ujar Huda salah satu warga sembayat Gresik, Senin (28/11).

Sementara itu, berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik. Perkembangan genangan air (banjir) di dua Kecamatan Bungah, dan Dukun. Rinciaannya, untuk Kecamatan Dukun ketinggian air mencapai antara 15 hingga 50 cm. Sedangkan sejumlah desa yang tergenang antara lain, Desa Karangcangkring, Desa Dukuhhanyar, Desa Teremenggal, Desa Kaliagung, dan Desa Lowayu.

Hal yang sama dialami di Kecamatan Bungah, ketinggian air yang menggenang sejumlah desa mencapai 30-40 cm. Sedangkan beberapa desa yang tergenang diantaranya, Desa Sungunlegowo, Desa Bedanten, Desa Mojopuro Wetan, Desa Mojopuro Gede, Desa Sukorejo, dan Desa Bungah.

Diperkirakan ketinggian genangan air di dua kecamatan itu akan mengalami peningkatan. Sebab, saat ini air di Bengawan Solo sedang pasang ditambah arusnya yang semakin deras. (mad/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait