Wednesday, 26 June 2019

BEGAL YANG DITANGKAP DAN SERING MENGGUNAKAN CLURIT, TERNYATA RESIDIVIS JUGA

post-top-smn

kasat Reskrim saat memberi paparan.

Lumajang, SMN – Lebih dari setahun menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya Polres Lumajang berhasil menangkap salah satu dari kawanan Begal Motor, yang telah beroperasi di 7 tempat ini, dan ditangkap di Pulau Bali.

Pelaku yang tertangkap di Jalan Raya Baypas Ngurah Rai, Tuban Provinsi Denpasar, Bali ini atas nama Satrum bin Surep (19), warga Desa Penawungan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Dia itu berstatus DPO dan berhasil ditemukan dan juga telah dilakukan tindakan penangkapan, namun pada saat dilakukan penangkapan, dan untuk menghindari pelaku melarikan diri, dan dapat membahayakan jiwa petugas, maka terhadap pelaku dilakukan tindakan tegas, dengan diberi timah panas pada kaki kanannya,” kata Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran.

Polisi masih melakukan pengejaran kepada dua pelaku lain yang bertugas sebagai eksekutor. Dalam melakukan aksinya, kawanan begal ini tidak segan-segan untuk melukai korban jika melakukan perlawanan.

Menurut Kasat Reskrim, pelaku bisa ditangkap berkat kecekatan  Unit Resmob Satreskrim Polres Lumajang, yang dipimpin Aiptu Muljoko. Pihaknya telah berhasil melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pelaku yang sudah berstatus DPO Tindak Pidana Pecurian dengan kekerasan (Street crime/ Begal)

“Pelaku yang ditangkap tidak ada hubungannya dengan korban meninggal  di Ranuyoso beberapa waktu lalu. Kelompok begal di Lumajang banyak, tapi kelompok ini belum ada hubungannya dengan pembegalan di Ranunyoso yang mengakibatkan korban meninggal,” pungkasnya

pelaku begal.

Dijelaskan Kasat, Modus operandinya yaitu, pelaku mendekati korban dengan cara di pepet dijalan raya, dengan ancaman senjata tajam jenis clurit, dan menyuruh berhenti, setelah berhenti, pelaku mengambil paksa sepeda motor yang sedang dikendarai oleh korban.

Dari hasil pengembangan terhadap pemeriksaan tersangka Satrum bin Surep ini, terungkap TKP begal lainnya, yaitu pertama TKP Utara lapangan kerap Jalan Raya Desa/Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, kendaraan yang berhasil diambil Motor jenis Vario Putih, diperkiraan kejadian tgl 28 Juni 2017 lalu, dengan pelaku Satrum (DPO/Tertangkap), Andre (Tertangkap lebih awal/Sedang Proses Penyidian) dan Amin (DPO/belum tertangkap).(Atk).

post-top-smn

Baca berita terkait