Saturday, 23 February 2019

Bawaslu Sosialisasikan Peraturan Pemilu 2019

post-top-smn

Sosialisasi Peraturan Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Karo, Kamis (27/12).

Karo, suaramedianasional.co.id – Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Karo mensosialisasikan peraturan Bawaslu terkait pengawasan Pemilu 2019 di Hotel Sinabung Berastagi, pada Kamis(27/12).
Acara tersebut disosialisasikan kepada sejumlah stakeholder yang terlibat dalam Pemilu 2019, di antaranya perwakilan partai dan organisasi masyarakat.
Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu sebagai edukasi, sebagai upaya preventif mengawasi Pemilu. Selain itu, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman jajaran pengawas Pemilu. Sehingga perlu membangun satu kepahaman dalam regulasi terutama para peserta pemilu agar tidak terjadi kesalahpahaman di lapangan terutama saat sekarang sedang tahapan kampanye.
“Sosialisasi ini membahas tentang pengawasan kampanye Pemilu No 28/2018, Pengawasan penanganan pelanggaran nomor 7/2018, dan penanganan pelanggaran administratif nomor 8/2018,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Karo, Eva Juliani Pandia.
Ia berharap, melalui sosialisasi tersebut, pengawasan partisipatif dapat teredukasi untuk mengawal tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2019.
Sementara itu, salah satu narasumber Henry Simon Sitinjak,  koordinator bidang Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Pusat, mengatakan, Perlunya sosialisasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu karena menurut pengalaman, pelanggaran yang paling banyak terjadi ada pada saat kampanye dan pada masa tenang. “Karena itu pemasangan alat peraga kampanye agar memperhatikan unsur unsur kampanye, desain dan lokasi, memperhatikan estitika lingkungan dan mendapatkan ijin dari pihak terkait dan sesuai dengan perbawaslu (peraturan badan pengawas pemilu) no 28/2018 tentang pengawasan kampanye pemilu diubah menjadi perbawaslu no. 33/2018,” ujar Sitinjak. (ius)
post-top-smn

Baca berita terkait