Monday, 19 November 2018

Barno Mandirikan Bringinan

post-top-smn
Barno saat menerima buku dari Sekjen kemendes didampingi camat Jambon dan plt kepala bapemas pemdes.

Barno saat menerima buku dari Sekjen kemendes didampingi camat Jambon dan plt kepala bapemas pemdes.

Ponorogo, SMN – Bringinan sebagai desa binaan yang luas wilayahnya 140 hektar dengan penduduk yang berjumlah 1295 jiwa berkembang dengan berbagai program dan kegiatan yang beraneka ragam budaya dan seni diantaranya gajah-gajahan, Reyog, samroh, taman baca, belajar bahasa jawa serta membangun sumber daya manusia hingga berdaya guna dan berhasil guna.

Desa ini dinahkodai oleh Barno mantan TKI yang sukses, juga nama yang tidak asing lagi di kancah politik PDI perjuangan. Orang nomor satu di desa Bringinan ini mempunyai tekad memajukan desanya bukan hanya terkenal di lokal sebatas wilayah Pononorogo saja namun juga tersohor di seluruh antero jagad.” Saya ingin memajukan desa saya menjadi desa mandiri sebaik mungkin, seenak-enaknya di negeri orang, masih enak di negeri sendiri, oleh karena saya mantan TKI jadi sudah merasakan pahit getirnya di negeri orang” Saya harus bisa membangun desa Bringinan ini secara total baik struktur, infrastrukur dan pemberdayaan sumber daya manusia”, ungkap Barno. Lurah Bringinan ini juga berterimakasih kepada pemerintah khususnya Kemendes yang telah memberikan dana desa yang sangat bermanfaat serta dapat membantu mewujudkan cita-citanya.

Bringinan kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo ini ,kerap kali menjadi perhatian para pejabat pemerintah baik ponorogo maupun pusat.Pasalnya beberapa waktu yang lalu hadir DPR Propinsi dari PDI Perjuangan meninjau keberagaman produksi pertanian, diantaranya pupuk organik yang saat ini pemasarannya sudah berjalan lancar di Jawa Timur.

Tak selang berapa waktu hadir pula sekjen Kementerian desa(Kemendes) Anwar Sanusi yang didampingi camat Jambon Tony Rumiarso dan Plt kepala Bapemas Pemdes Ponorogo Siswondo  untuk meninjau pemanfaatan dana desa yang telah digulirkan pemerintah pusat selama ini. Pihaknya mengakui kemajuan desa Bringinan luar biasa pesat dengan berbagai pembangunan baik struktur desa maupun infrasrtuktur serta pemberdayaan masyarakat yang harmonis. Untuk itu pihaknya menginginkan dan berharap desa Bringinan untuk dapatnya sebagai desa percontohan bagi desa-desa yang lainnya, Dengan keterbukaan pelaksanaan dana desa yang realitas, konsekuen dan transparan itu yang diharapkan, terlebih memasang papan-papan pemberitahuan dengan besaran dana berapa proyek itu dibangun.

Sementara itu hal senada juga diungkapkan camat Jambon Tony Rumiarso ditemui di ruang kerjanya, kedatangan Sekjen Kemendes ke Bringinan silaturahmi dengan memberikan buku tentang Undang Undang Desa dari kemendes serta melihat pelaksanaan dana desa yang seharusmya dilakukan sesuai juklak dan juknisnya, juga melihat taman baca mandiri yang didirikan oleh lurah Barno bersama masyarakat Bringinan, serta melihat kultur budaya bahasa jawa yang diajarkan di desa Bringinan tanpa ditarik biaya alias gratis. Pihaknya berharap” Semoga desa Bringinan dapat menjadi desa teladan di seluruh Nusantara dan masyarakatnya makmur semua, pungkas Tony.(Nanang/sri)

post-top-smn

Baca berita terkait