Sunday, 18 November 2018

Bappeda Prioritaskan Janji Kampanye Bupati Ipong

post-top-smn
Kepala Badan Perencanaan & Pembangunan Daerah  Ir. Sumarno, MM

Kepala Badan Perencanaan & Pembangunan Daerah Ir. Sumarno, MM

Ponorogo, SMN – Program Bappeda Ponorogo untuk tahun 2017 ini memuluskan dan merealisasikan janji politik Bupati Ponorogo, Drs H. Ipong Muchlissoni yang telah dijanjikan kepada masyarakat beberapa waktu yang lalu saat kampanye, terutama anggaran 300 juta per desa. statmen ini telah diungkapkan oleh Kepala Bappeda Ponorogo, Ir Sumarno, MM di ruang kerjanya pada hari Rabu (11/01) kemarin.

Menurutnya, Bupati Ipong menginginkan visi Ponorogo Berbenah menuju Ponorogo yang berkemajuan, nasionalis dan religius secepatnya terealisasi. Pihaknya sejauh ini telah memantau penataan birokrasi yang ada melalui sistem lelang dan mutasi kemarin yang dilaksanakan transparan tidak ada jual beli jabatan sebagai awal dalam berbenah, meskipun tidak terlibat namun bisa menilai, ujar Sumarno.

Dalam program pembangunan tahun 2017 ini pihaknya akan merealisasikan janji-janji politik Bupati saat kampanye kemarin, seperti realisasi bantuan 300 juta per desa per tahun untuk pembangunan infrastruktur jalan poros yang pengusulannya dilakukan oleh desa masing-masing namun dikerjakan oleh Pemerintah Daerah, sambungnya.

Pembangunan ekonomi juga menjadi salah satu prioritas dengan memberikan bantuan dana 25 juta per badan usaha milik desa (BumDes) dalam rangka untuk mendukung program one village one product .Sampai pada saat ini BumDes di Ponorogo yang telah teradmin ada 254 Bumdes,dengan leading sektornya Dinas industri perdagangan koperasi ( InDagKop) dan Usaha Mikro. selain itu juga pemberian  dana operasional terhadap Posyandu sebesar 6 juta per Posyandu selama satu tahun yang dikelola oleh Dinas Kesehatan, urainya.

Sementara itu untuk program religius, Setiap hari Jumat Bupati Ipong telah mengagendakan program Sholat Subuh berjamaah di masjid yang lokasinya telah ditentukan dengan pelaksanaan bergiliran, yang diteruskan dengan senam bersama di alun-alun kemudian dilanjutkan dengan tilik desa dengan tujuan untuk memantau dan mengetahui program one village dan one product serta mendekatkan diri antara pemimpin dengan rakyatnya,katanya.

Masih kata Sumarno,Untuk tahun 2017 ini Pemkab juga menganggarkan pengadaan kendaraan Ambulance Siaga di setiap desa.”Dalam tahapan awal ini kami akan  memberikan 40 mobil ambulance untuk 40 desa, namun pembagiannya diklasifikasikan lebih lanjut yaitu desa mana yang termasuk dalam kategori desa tertinggal itu yang menjadi prioritas”,ujarnya..

Pihaknya juga berharap, dengan program yang telah dirancang dan dibuat di Bappeda dengan mengejawentahkan program Bupati,khalayak  masyarakat Ponorogo dapat meningkat kualitas perekonomian hidupnya serta lebih sejahtera dengan rangsangan program one village one product serta tambah sehat dengan pelayanan Posyandu Balita dan Lansia sebagai layanan dasar di bidang kesehatan, serta program-program pro rakyat yang lainnya, pungkas Sumarno (Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait