Sunday, 21 October 2018

Banyuwangi Jadi Tuan Rumah JPID 2017

post-top-smn

logo-kab-banyuwangi Surabaya, SMN – Kabupaten Banyuwangi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) Provinsi Jawa Timur 2017. Terpilihnya Kabupaten Banyuwangi menjadi tuan rumah setelah menjadi kontingen terbaik pada JPID di Kabupaten Blitar yang  diselenggarakan 16-19  Oktober lalu.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim Drs Supratomo, Senin (24/10).

Hasil dari JPID di Kabupaten Blitar yaitu kontingen terbaik I Kabupaten Banyuwangi, kontingen terbaik ke II Kabupaten Pasuruan, kontingen terbaik ke III kabupaten Pacitan dan harapan 1 Kabupaten Kediri. Masing juara mendapatkan dana bantuan juara I Rp 6 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 2 juta dan harapan  I Rp 1 juta.

Sedangkan untuk para juara akan mewakili kontingen Jatim ke tingkat nasional, yaitu Jambore Pemuda Indonesia digelar di Palangkaraya 26-31 Oktober mendatang. Wakil dari Jatim nantinya akan diseleksi secara ketat untuk menjadi yang terbaik dan mengikuti seleksi, yaitu peserta yang harus mengikuti JPID di Blitar.

Sementara itu, Kabid Pengembang Organisasi Pemuda  Dispora Jatim, Dudi Harjantoro MM menjelaskan JPID merupakan agenda Pemerintah  Provinsi Jatim  yang dilaksanakan setiap tahun sekali oleh Dispora Jatim kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang diikuti 300 orang pemuda terpilih dari kabupaten/kota se- Jatim dalam bentuk kegiatan kemah bernuansa budaya lokal, keberagaman, nasionalisme, kreatifitas dan kemandirian usaha ekonomi produktif. JPID yang dilaksanakan 16 s/d 19 oktober 2016, ditempat kampung wisata ekologi “puspo jagad” desa semen, kecamatan Gandusari kabupaten Blitar.

Kampung wisata ekologi “Puspo Jagad” didirikan pada 14 april 2007 oleh Pemuda Karang Taruna setempat dan dikelola bersama untuk menambah perekonomian masyarakat setempat. Karang taruna desa semen kecamatan gandu sari Kabupaten Blitar telah mengikuti lomba karang taruna tingkat nasional pada tahun 2008 dan keluar sebagai karang taruna terbaik dan juga menjuarai kelompok sadar wisata dan desa wisata tahun 2013.

Tujuandari JPID yaitu Membangkitkan semangat pemuda Jawa Timur melalui pendekatan budaya lokal dalam memperkuat  nasionalime pemuda, Mengembangkan pemuda agar mampu menerima perbedaan dan keberagaman melalui pemecahan masalah bersama yang mengutamakan proses dialog, interaksi,  dan kerjasama antar pemuda yang berbeda latar belakang budaya, suku, agama, etnis, kelompok dan golongan sehingga dapat mengembangkan kearifan dalam menerima perbendaan menjadi kekuatan bersama untuk membangun bangsa,mMeningkatkan kemandirian dan daya saing pemuda jawa timur melalui pameran produk pemuda, meningkatkan cinta tanah air dan kesadaran sosial melalui kegiatan peduli  lingkungan alam dan lingkungan social dan menyeleksi dan menentukan kontingen pemuda jawa timur dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tingkat nasional di Kalimantan Tengah. (her/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait