Saturday, 23 March 2019

Bacalah! Dengan Membaca Dunia Ada di Genggamanmu

post-top-smn
Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno saat mengunjungi perpustakaan yang ada di sekolah

Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno saat mengunjungi
perpustakaan yang ada di sekolah

Kediri, SMN – Buku adalah jendala dunia. Kunci untuk membukanya adalah dengan membaca. Ungkapan seperti ini sudah sering kita dengar, bahwa membaca memiliki segudang manfaat yang tak ternilai harganya.

Pentingnya membaca ini pula yang menjadi salah satu perhatian Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno. Di sela kegiatan memonitor pelaksanaan Ujian Sekolah tingkat SD/MI, Ibu Bupati berkesempatan mengunjungi perpustakaan yang ada di sekolah. Seperti terlihat pada Rabu (17/5), setiba di SDN Sukorejo I beliau langsung menuju perpustakaan yang merupakan pusat membaca untuk para siswa. Begitu juga saat berada di SDN Sukorejo II, setelah melihat ke ruang ujian beliau langsung menuju ke perpustakaan di sudut sekolah tersebut.

Bupati Kediri melalui Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Subur Widono, S.STP mengatakan Pemerintah Kabupaten Kediri mempunyai misi dan keinginan bahwa anak-anak harus gemar membaca, karena dari membaca mereka akan tahu segalanya. “Artinya buku itu kan jendela dunia, harapan kami sekolah harus mendukung apa yang menjadi kegemaran anak seperti membaca buku,” kata Subur Widono.

Terkait ujian sekolah tahun 2017, Subur menjelaskan bahwa jika ada murid yang tidak bisa mengikuti ujian sesuai jadwal dengan alasan yang bisa dimaklumi, mereka dapat mengikuti ujian susulan satu minggu setelah ujian selesai. Ia pun menegaskan bahwa anak-anak harus tetap semangat belajar untuk meraih cita-cita demi masa depan yang cerah.

Kepala Sekolah SDN Sukorejo II Susilowati, S.Pd berharap pada ujian ini nilai anak didiknyamemuaskan dan bisa melanjutkan ke sekolah yang mereka inginkan. Mengenai perpustakaan, pihaknya akan segera melengkapi buku-buku yang ada dan menata rapi sesuai usia dan tingkatan kelasnya.

“Selanjutnya kami akan mensosialisasikan kepada anak-anak tentang pentingnya membaca buku. Kami juga telah menyiapkan program literasi sekolah, yakni 15 menit sebelum pelajaran dimulai anak-anak dilatih dan dibiasakan untuk membaca terlebih dahulu. Begitu masuk kelas anak harus menyiapkan satu buku untuk dibaca dan harus memahami isi buku tersebut,” terang Susilowati. (kominfo/adv/kan)

 

post-top-smn

Baca berita terkait