Friday, 19 April 2019

Atasi Permasalahan Limbah B3, Gubernur Khofifah Harap PPLI Lamongan Segera Terealisasi

post-top-smn

Ibu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Hadir Berikan Sambutan Pada Acara Kunjungan Kerja Ke Pabrik Pengelolaan Limbah Di PT.PPLI Nambo Bogor

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengharapkan agar pembangunan pusat pengelolaan limbah B3 oleh PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) yang berlokasi di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dapat segera terealisasi. Tujuannya  agar persoalan limbah industri atau B3 di Jatim dapat segera teratasi.

“Amdal pembangunan PPLI diharapkan segera selesai, agar PPLI juga segera terealisasi,” ujar Gubernur Khofifah usai mengunjungi Kantor PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Desa Nambo, Bogor, Jumat (22/2).

Menurutnya, dengan terbangunnya PPLI di Jatim, diharapkan bisa segera melakukan langkah-langkah antisipasi, baik jangka pendek, menengah dan panjang dalam penanganan limbah B3. Pengelolaan tersebut dinilai lebih efisien dan efektif. Apalagi perkembangan industri di Jatim dinilai semakin pesat. “Sangat tidak ekonomis, jika limbah B3 dibawa ke sini (PPLI Bogor),” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PPLI Syarif Hidayat menjelaskan, PPLI Lamongan yang terletak di daerah Brondong sudah memenuhi persyaratan teknis sebagai tempat pengelolaan limbah. Hanya saja, ijin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) nya masih proses dan belum turun.

“Jika sudah terbangun, PPLI ini nantinya bisa melayani Jatim, Jateng, Sulawesi, Kalimantan dan Indonesia Timur,” jelasnya.

Seusai mendengarkan pemaparan dari PPLI, Gubernur Khofifah diajak berkeliling laboratorium dan lahan pengolahan limbah PPLI Bogor. (*)

post-top-smn

Baca berita terkait