Thursday, 15 November 2018

Arsitektur Bangunan Karya Jacques Ferrier Bisa Dinikmati Masyarakat Umum

post-top-smn
Gus Ipul Berdialog Dengan Direktur IFI Surabaya dan Perwakilan Ferrier Agency Prancis

Gus Ipul Berdialog Dengan Direktur IFI Surabaya dan Perwakilan Ferrier Agency Prancis

Surabaya, SMN – Masyarakat Jawa Timur kini bisa menyaksikan pameran arsitektur bangunan kelas dunia karya Jacques Ferrier. Arsitek kenamaan Prancis dengan reputasi internasional tersebut memamerkan sepuluh bangunan yang tidak hanya menawarkan kemegahan, namun juga keindahan dan sarat makna.

Meski sudah dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf pada Rabu (26/1) malam. Namun pemeran akan dilaksanakan 3-17 Februari 2017 di Visma Art Gallery Surabaya.  Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Institut Francais Indonesia (IFI) di Surabaya dan Agensi Jacques Farrier Architecture.

Adapun sepuluh proyek yang dipamerkan dalam acara tersebut yaitu French Pavilion Expo Shanghai, Hachette Livre Headquarters, JFA – Office Life, Reconversion/Redevelopment, International French School of Beijing, Water Park Aqualagon, Sensual City Studio, Great Heights/Research Projects, Rouen Normandy City Hall dan Double Skin.

Wakil Direktur IFI Lucas Lefebvre, mengatakan pameran yang mengusung tema “A Vision For the Sensual City” terbuka untuk masyarakat umum, pemuda, mahasiswa dan penikmat seni. Surabaya, ungkapnya, adalah kota pertama yang disinggahi di Indonesia. Selanjutnya pameran akan digelar di Jakarta, Shanghai, Filipina, Singapura dan Kuala Lumpur.

Gus Ipul sempat tertarik pada ide arsitektur Water Park Aqualagon, berawal dari kertas yang digambar kemudian ditarik, hingga menjadi satu desain bangunan luar biasa. “Desainnya menarik dengan berbagai pertimbangan ilmu sehingga menjadi gedung bertema memanusiakan manusia. Idenya sederhana, tapi menjadi sesuatu yang luar biasa. Itulah yang dinamakan kreatifitas,” ungkapnya.

Ke depan, ia berharap bangunan-bangunan yang ada Jawa Timur mempertimbangkan faktor sejarah, manusia dan memiliki makna yang jelas. Turut hadir pada pembukaan, Direktur IFI Surabaya Veronique Mathelin serta perwakilan Visma Art Gallery, Irawan Hadikusumo dan sejumlah tamu undangan. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait