Saturday, 15 December 2018

Anis : Penolakan Rekapitulasi, Tidak Ada Hubungan Dengan Soal DPT

post-top-smn

JEMBER, SMN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Ahmad Anis mengatakan, adanya penolakan tanda tangan yang dilakukan saksi dari paslon nomor 2, itu adalah hak mereka.

“KPU Jember mempersilahkan untuk melakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Jadi penolakan menandatangani berita acara rekapitulasi adalah hak. Jadi prosedur kita jalankan rekapitulasi tetap berjalan,” kata Anis.

Terkait persoalan DPT, menurut Anis ada mekanisme tersendiri yang diatur dalam PKPU.

“Sehingga dalam rapat pleno rekapitulasi masalah DPT tidak akan dibahas,” tandasnya.

Aksi penolakan tanda tangan pada berita acara hasil rekapitulasi manual Hasil Perhitungan Suara yang dilakukan oleh KPU Jember, tidak dilakukan oleh saksi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Saksi PKB, Kholidi Zaini menyampaikan, pihaknya harus menandatangani berita acara karena ada instruksi dari DPW PKB Jawa Timur.

“Ada instruksi dari DPW yang ditanda tangani oleh Ketua DPW PKB Jawa Timur Gus Halim Iskandar agar semua saksi dari PKB wajib menerima hasil Pilkada Jatim jika tidak ditemukan adanya pelanggaran yang masif dan terstruktur, sesuai dengan hasil pertemuan para kiai dan masyayik,” ujar Kholidi kepada media.

Namun dirinya mempersilahkan kepada saksi dari partai pendukung Paslon dua untuk melakukan aksi penolakan tersebut.

“Untuk dari partai lain, kami persilahkan, karena hal itu merupakan mekanisme yang wajar dan hak yang harus dihormati,” katanya. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait