Thursday, 13 December 2018

Peran Aktif Masyarakat Lebih Ditingkatkan, Untuk Lebih Peduli Terhadap Lingkungan

post-top-smn
Bupti dan istri saat menanam di Hari LHS

Bupti dan istri saat menanam di Hari LHS

Lumajang, SMN – Peran aktif masyarakat harus lebih ditingkatkan, agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Hal ini disampaikan Bupati Lumajang, Drs H As’at Malik M.Ag pada puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017, yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang di PTPN XII Kertowono Gucialit, Rabu (9/8) beberapa waktu yang lalu.

Menurut Bupati, meminta kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Ayo lebih peduli kepada alam, mulai dari diri sendiri, kemudian ditularkan kepada orang lain. Kepedulian terhadap alam bisa dilakukan dengan cara kecil sekalipun,” ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati As’at juga mengajak masyarakat untuk bisa lebih melestarikan dan menjaga lingkungan bersama. Lumajang sendiri selama ini sudah menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan. Berbagai upaya telah dilakukan dan hasilnya sudah bisa dirasakan dengan diraihnya Penghargaan Adipura yang ke 10 di Tahun 2017.

“Apabila kita peduli kepada alam, lingkungan akan lestari, hidup kita akan nyaman dan sehat. Dengan begitu adipura yang telah kita raih harus kita upayakan dapat diraih kembali di tahun depan,” beber Bupati.

Kegiatan tersebut kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Nurul Huda digelar sebagai upaya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya dan melakukan tindakan demi mendukung dan mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup.

Dengan tema seperti ini, Nurul sangat berharap dari peran aktif masyarakat untuk lebih ditingkatkan serta menemukan cara menarik dan menyenangkan dalam merasakan dan menghargai hubungan antara manusia dengan alam.

“Salah satu kegiatan yang diadakan oleh pihak kami adalah Kemah Hijau yang diikuti 300 pelajar dari sekolah – sekolah adiwiyata di Kabupaten Lumajang. Selain itu juga diadakan pameran 3R (Reduce, Reuse & Recycle), Fashion Show Busana Daur Ulang, Sosialisasi Adiwiyata bagi Kepala Sekolah dan Puncaknya Penanaman Pohon Penghijauan,” ujar Nurul Huda kepada media.

Pada puncak peringatan tersebut dihadiri Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag didampingi Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes beserta jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Lumajang.

World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup merupakan kampanye pelestarian lingkungan hidup terbesar di dunia. Pada peringatan tahun ini mengambil tema “Connecting People to Nature” atau dalam terjemahan bebasnya dapat diartikan sebagai “Berhubungan dengan Alam”. Dengan tema tersebut kita diingatkan bahwa umat manusia di seluruh dunia sangat bergantung pada alam. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait