Tuesday, 12 December 2017

Pekan Ini, Jokowi Gelar Ratas Bahas Penghapusan UN

post-top-smn
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Jakarta, SMN – Presiden Joko Widodo mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional. Kemendikbud, kata Jokowi, telah sepakat UN didesentralisasi. Untuk itu, dalam pekan ini, rapat terbatas akan digelar untuk menindaklanjutinya

.”Di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang sudah diputuskan agar UN itu didesentralisasi. Nanti akan kita rapatkan di minggu ini di rapat terbatas,” kata Jokowi usai menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11).

Jokowi mengatakan lewat rapat terbatas dengan menteri terkait, akan diputuskan apakah menyetujui atau tidak UN dihapuskan pada tahun 2017 dan tahun berikutnya tersebut. “Kemudian akan diputuskan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengutarakan hal yang sama bahwa penghapusan Ujian Nasional (UN) akan dibahas dalam rapat kabinet. Sehingga, belum ada keputusan soal rencana yang disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy tersebut.

Mendikbud Muhadjir Effendy sebelumnya mengatakan Presiden Jokowi telah menyetujui rencana penghapusan UN. Dia menyebut penghapusan UN hanya tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).

Seperti diketahui, Ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajatnya diserahkan ke pemerintah provinsi. Untuk level SMP dan SD sederajatnya diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

post-top-smn

Baca berita terkait