Wednesday, 22 May 2019

2 Tahun Layani Difabel, BPJS Kesehatan Jember Terima Penghargaan dari Bupati

post-top-smn

“BPJS Kesehatan adalah instansi pelayanan publik yang pertama kali memberikan kemudahan akses pelayanan bagi disabilitas,” ujar Faida.

Jember, suaramedianasional.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jember memperoeh penghargaan dari Bupati Jember, Hj. Faida, atas kesetiaannya selama ini mendampingi kaum difabel selama 2 tahun terakhir.

Penghargaan diberikan Senin pagi (3/12) saat peringatan Hari Difabel Internasional di Alun-alun Jember. “BPJS Kesehatan adalah instansi pelayanan publik yang pertama kali memberikan kemudahan akses pelayanan bagi disabilitas,” ujar Faida.

Piagam penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Faida pada Pimpinan BPJS Kesehatan Kabupaten Jember, Tanya Rahayu. Faida juga mengucapkan selamat dan terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan pelayanan publik dengan baik khususnya akses disabilitas di kantor pelayanan BPJS Kesehatan. “Pelayanan BPJS Kesehatan patut diacungi jempol, mulai dari kursi roda, pelayanan prioritas difabel sampai akses jalan untuk tuna netra, semua ada,” ujarnya.

Gedung kantor BPJS Kesehatan Jember di JL. Riau misalnya, telah menyediakan akses pelayanan disabilitas. BPJS Kesehatan Jember juga dinilai sebagai kantor pelayanan publik pertama yang memelopori akses pelayanan bagi disabilitas dan kemudian diikuti oleh instansi pelayanan publik lainnya. “Kemudahan akses untuk kelompok minoritas ini tentunya harus tetap jadi prioritas dalam memberikan pelayanan sehingga harus diperhatikan betul oleh seluruh intansi pelayanan publik khususnya,” paparnya lagi.

Selain itu, Bupati Faida juga memperhatikan jaminan kesehatan para kelompok difabel beserta anggota keluarganya. Sejak satu tahun lalu, sebagian besar kelompok difabel beserta keluarganya telah diberikan jaminan kesehatan JKN-KIS yang diintegrasikan kedalam peserta PBI yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jember sejak bulan Juli 2018 lalu. “Sudah hampir 700 orang difabel telah menerima jaminan kesehatan JKN-KIS. Dan masih ada 100 lebih yang akan dimasukkan JKN- KIS setelah kelengkapan administrasinya terpenuhi,” ungkap Faida.

Menyangkut jaminan kesehatan bagi warganya khususnya kelompok difabel yang tidak mampu, Bupati Faida berkomitmen juga akan membiayai tunggakan iuran peserta difabel yang terdaftar menjadi peserta PBPU atau mandiri yang kemudian akan dialihkan segmen PBI APBD.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Jember, Tanya Rahayu, mengaku senang dengan penghargaan dari bupati untuk BPJS. “Terimakasih kepada Bupati Jember beserta jajarannya, tentunya ini akan menambah semangat kami untuk meningkatkan pelayanan publik, dan tak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada seluruh anggota disabilitas yang turut serta berpartisipasi mensukseskan  program JKN-KIS,” pungkas Tanya. (afu)

post-top-smn

Baca berita terkait